Σερνμένος στο blog μου

Never Ending Without "NARSIS"

Selasa, 02 Agustus 2011

Sejarah Komputer

Komputer adalah suatu peralatan elektronik yand dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan dalam memori, dapat menyimpan program, dan hasil pengolahan serta bekerja secara otomatis.

Sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi memerlukan sistem komputer (Computer System) yang elemennya terdiri dari :
  • Hardware ( perangkat keras )
  • Software (perangkat lunak )
  • Brainware ( manusia sebagai pengendali ) 
Perkembangan Komputer
secara umum komputer terbagi menjadi 4 generasi yaitu :
  • Mainframe (1923-1941)
Generasi pertama dengan ukuran yang sangat besar. menggunakan Tube vacum dan silinder magnetik. biasanya digunakan untuk mendesain pesawat terbang.
contoh : ENIAC, EDVAC

  • Minikomputer
Generasi kedua memiliki ukuran yang relatif kecil, kemampuan menyelesaikan permasalahan lebih sederhana dibanding mainframe. menggunakan transistor.
contoh : cobol, fortran, algol 

  • Workstation 
Mempunyai kemampuan menyelesaikan perhitungan yang rumit karena menggunakn SO NT, dan dilengkapi dengan RIS yang handal.

  • Personal Komputer 
Harga terjangkau, ukuran kecil, penggunaannya juga relatif lebih mudah dibandingkan generasi sebelumnya.

PERSONAL KOMPUTER (PC)

Muncul tahun 1980-an.Merupakan cikal bakal dari semua teknologi PC dan didesain oleh IBM dengan menggunakan  Processor Intel 8088 dan SO MS-DOS (Produk dari Microsoft).
Keunggulan dari PC adalah memiliki standarisasi sehingga dapat dilakukan proses kloning, dapat diproduksi secara massal dengan biaya murah tanpa mengurangi kinerjannya, kompatibel antara satu produk perusahaan dengan produk perusahaan dengan produk perusahaan pembuat PC lain.
PC memiliki bagian penting antara lain : CPU(Central Processing Unit), Monitor, Keyboard, Mouse, dan Printer. CPU merupakan induk dari komputer yang didalamnya terdapat motherboard, memory, harddisk, dan processor (otak komputer)
.
Di dalam CPU terdapat I/O Port
contoh : PS/2 Port, USB Port, Serial Port,

PROCESSOR

Kecepatan proses operasional komputer bergantung pada



Tidak ada komentar:

Posting Komentar